Mengatasi Cegukan

Cegukan (Hiccups) terjadi karena adanya kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. 

Cegukan disebabkan karena suatau ranggsangan saat kita menarik nafas tiba-tiba dan cepat,sehingga udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup,sehingga akan menimbulkan suara ''hiiik'' pada saat cegukan.istilah medis untuk cegukan adalah singultus.Cegukan juga biasanya disebabkan oleh kondisi perut yang penuh. Dan faktor yang membuat perut terasa penuh ialah :

  • Makan terlalu banyak
  • makan terlalu cepat
  • Minum terlalu banyak alkohol
  • Menelan terlalu banyak udara
  • Merokok
  • Perubahan suhu yang mendadak di perut, seperti minum minuman panas dan kemudian makan dalam keadaan panas
  • Keadaan emosional seperti stres atau gembira
Lalu berapa lama cegukan itu berlangsung ? Cegukan biasanya berhenti dalam beberapa menit atau bahkan jam. Namun, cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam disebut persistent hiccups atau cegukan terus-menerus. Cegukan yang bertahan lebih lama dari sebulan disebut intractable hiccups atau cegukan keras. Meskipun sangat jarang terjadi, cegukan keras dapat menyebabkan kelelahan, kurang tidur, dan penurunan berat badan. Cegukan yang terjadi terus-menerus merupakan pertanda masalah kesehatan yang lebih serius dan harus segera diperiksakan ke dokter.

Mengatasi / mengilangkan cegukan itu umumnya hilang sendiri dalam beberapa menit atau jam dan tidak memerlukan pengobatan apa pun. Namun, apabila cegukan tidak sembuh-sembuh Anda dapat melakukan sesuatu untuk mengatasinya, diantaranya :


Minum air putih

Metode alami untuk mengatasi cegukan yang mana telah dianjurkan secara turun temurun dari leluhur kita. Minum air putih merupakan obat cegukan terus menerus yang tentunya selalu Anda pikirkan disaat Anda mengalami cegukan. Minumlah air putih dalam kondisi kepala yang menunduk, lalu minum air dari dalam gelas dengan posisi mulut yang jauh dari bibir kita.

Dongakkan leher ke belakang

Obat cegukan alami yang bisa Anda coba lakukan disaat minum air putih tidak memberikan hasil atau perubahan yang baik adalah dengan mendongakkan leher Anda ke arah belakang.
Dongakan leher ke arah belakang lantas masukkan gula pasir sebanyak 1 sendok teh ke permukaan lidah, namun tidak untuk ditelan. Biarkan selama beberapa menit sehingga gula pasir akan larut, baru kemudian minumlah setengah gelas air mineral.

Usapkan lembut es batu ke arah dagu

Obat cegukan berhari-hari, tidak ada salahnya dengan mencoba mengusapkan dengan lembut es batu pada dagu Anda lalu minumlah beberapa tetes air es tersebut.
Lakukan cara ini selama beberapa kali, namun usahakan untuk tidak menelan es batu disaat Anda sedang cegukan, karena dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda, es batu dapat masuk ke jalan napas yang mana mengakibatkan kondisi Anda memburuk.

Tahan napas hingga beberapa detik

Apa Anda termasuk orang yang gemar menonton serial kartun Rusia “Masha and The Bear?” maka pernahkah Anda melihat satu episode kartun yang menceritakan usaha keras sang beruang jantan untuk membantu mengatasi Masha yang sedang cegukan?.
Salah satu cara yang diutarakan dalam serial kartun tersebut yang ternyata bisa Anda coba di dunia nyata adalah menahan napas selama beberapa detik. Tahan napas Anda sekitar 10 detik, lalu bernapaslah seperti biasa, lakukan tips mudah untuk mengatasi cegukan ini selama beberapa kali percobaan, namun jika tidak kunjung berhasil, cobalah cara lainnya.

Tahan napas dengan media kantong kertas

Cara lainnya yang dapat membantu mengobati cegukan Anda adalah dengan cara menahan napas dengan menggunakan sebuah media, yang tidak lain adalah kantong kertas. Tahan napas dengan kantong kertas selama 10 detik, lalu bernapas kembali seperti biasa tanpa memakai kantong kertas, lakukan cara mudah untuk mengatasi cegukan ini selama beberapa kali.

Tidur berbaring dengan kedua lulut ditekuk ke arah perut

Teknik ini lakukan teknik ini berulang-ulang hinga cegukan hilang.

Menelan gula batu atau satu sendok gula pasir

Menelan gula batu atau satu sendok gula pasir. Mampu menghentikan cegukan hanya dalam beberapa menit. Gula dipercaya dapat merangsang saraf-saraf otot kita, terutama ketika otot diafragma mulai berkontraksi secara tidak teratur.

Namun, apabila semua cara mengatasi cegukan tanpa obat cegukan dalam arti sesungguhnya ini tidak juga memberikan hasil positif, maka jalan tengah yang harus Anda ambil adalah segera mengunjungi dokter yang khusus menangani THT. Periksakan diri Anda dan dengarkan dengan baik arahan yang diberikan oleh dokter sehingga cegukan yang Anda alami bisa segera sembuh.

Semoga bermanfaat.

*Di sari dari berbagai sumber

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar